Dinas Sosial Luwu Siap Kampanyekan Makan Telur Setiap Hari

oleh -39 Dilihat
oleh

Luwu, Gerbongnews.com|| – Dinas Sosial Luwu mengikuti Gerakan Peduli Stunting (Gadis) 2024 dan Kampanye Makan Telur yang diselenggarakan Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan secara daring di aula rumah jabatan Bupati Luwu, Kelurahan Pammanu Kecamatan Belopa Utara, Senin 22 April 2024.

Kepala Dinas Sosial Luwu Hasliana Nurdin mengungkapkan bahwa kegiatan yang diselenggarakan oleh Dinas Sosial Provinsi Sulsel ini diikuti oleh 24 Kabupaten/kota termasuk Kabupaten Luwu sebagai komitmen untuk mewujudkan Sulsel bebas stunting pada khususnya di Kabupaten Luwu.

“Sesuai arahan bapak Pj Gubernur bahwa dalam rangka mewujudkan Sulsel bebas stunting menuju generasi Indonesia Emas, maka kita harus memastikan setiap anak balita dan ibu hamil di daerah ini mendapatkan akses terhadap sumber protein yang berkualitas,” jelasnya.

Hasliana menegaskan siap mensukseskan program Gerakan Peduli Stunting dan mengkampanyekan program makan telur setiap hari.

Sementara itu, Kadis Kesehatan Luwi Risnawary Basir turut hadir dalam kegiatan tersebut mengungkapkan, stunting merupakan sebuah permasalahan kesehatan pada anak akibat kurangnya asupan gizi dalam waktu yang cukup lama.

“Akibatnya akan mengganggu tumbuh kembang anak yang berdampak pada tinggi badan anak menjadi lebih rendah atau kerdil,” kata Rosnawary.

Dirinya mengatakan, mengkonsumsi dua butir telur setiap hari bagi ibu hamil serta balita di masa kehamilan dan pertumbuhan anak sangat baik dalam pencegahan stunting sejak dini karena telur mengandung protein cukup tinggi.

Sekedar diketahui, berdasarkan data e-PPGBM pada tahun 2022, prevalensi stunting di Kabupaten Luwu mencapai angka 9,4 persen.

Sedangkan pada tahun 2023, prevalensi stunting menurun hingga angka 8,3 persen. Ini menandakan bahwa pemerintah Kabupaten Luwu serius dalam penanganan percepatan penurunan stunting.