BMKG : 8 Daerah di Sulsel Berstatus Siaga, 4 Waspada

oleh -28 Dilihat
oleh

Luwu, Gerbongnews.com — Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mengeluarkan peringatan dini.

Dalam peringatan itu ada delapan kabupaten/kota yang berstatus siaga mulai tanggal 5 Mei pukul 07.00 WIB sampai dengan 6 Mei pukul 07.00 WIB.

Delapan daerah itu masing-masing Sidrap, Enrekang, Pinrang, Luwu, Luwu Utara, Luwu Timur, Toraja Utara, dan Tana Toraja.

Sedangkan ada empat daerah yang berstatus waspada yakni Palopo, Wajo, Sinjai dan Bone.

Prakirawan Cuaca, Amhar Ulfiana mengimbau kepada masyarakat agar tetap waspada terhadap potensi hujan dengan intensitas sedang hingga lebat hingga dua hari ke depan.

“Masyarakat diharapkan agar tetap tenang dan waspada, berhati-hati jika beraktivitas di luar rumah, memperbarui informasi cuaca pada website BMKG, aplikasi infoBMKG, dan melalui media sosial,” kata dia dikutip dalam keterangannya, Minggu (5/5/2024).

Khusus untuk daerah bertopografi curam/bergunung/tebing atau rawan longsor agar tetap waspada khususnya jika terjadi hujan dengan intensitas sedang hingga lebat, maupun hujan dengan intensitas ringan hingga sedang yang terjadi terus-menerus.

“Selalu memantau informasi terbaru / berkoordinasi dengan instansi terkait atau pemerintah daerah setempat,” tandasnya.

Adapun dampak yang bisa ditimbulkan yakni jembatan yang rendah tidak dapat dilintasi. Kedua terjadi longsor, guguran bebatuan atau erosi tanah dalam skala menengah, volume aliran sungai meningkat/banjir.

Aliran banjir berbahaya dan mengganggu aktivitas masyarakat dalam skala menengah.