Kepala Kendaraan PUPR Luwu Menyiapkan Alat Berat, Gusur Longsor Dan Lumpur Akibat Dampak Bencana Alam

oleh -40 Dilihat
oleh

Luwu, Gerbongnews.com Melalui Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUTR) Kab. Luwu, Kepala UPTD Turunkan Alat Berat Excavator dan Bulldozer untuk membuka Akses Jalan Yang Terisolir Akibat Dampak Bencana.

Nampak terlihat Alat Berat Loader Memberisihkan Dampak Bencana Di Kec. Suli Desa Malela, 3 Mei 2024

Kepala UPTD Kendaraan PUPR Luwu Ilham, S. Sos mengatakan, bahwa Alat berat seperti Excapator dan Bulldozer kami sudah turunkan ke lapangan. Alat teresebut, semuanya telah beroprasi. Ujarnya 6 Mei 2024

Titik lokasi yang terisolir akibat dampak bencana, adalah Kec Bajo Barat Desa Bonelemo, dan Kec. Suli Desa Malela.

Selain itu, pembersihan dampak bencana. Sejumlah Aparat dari kalangan Kepolisian dan TNI turut serta berperan membantu warga dalam membersihkan sisa – sisa kotoran, baik yang mengendap di dalam pekarangan rumah warga maupun di saluran – saluran Draenase dan Gorong-Gorong.

Demikian pula hanlnya dari kalangan Pemerintah, Ormas, dan Komunitas turut serta mengambil posisi masing-masing dengan cara bertatapan langsung memberikan bantuan terhadap warga yang terdampak bencana, dan bantuan tersebut telah tersalurkan sesuai yang diharapkannya.

Salah satu Warga Desa Bonelemo terkonfirmasi di Tempat Kejadian Perkara (TKP) atas nama Rauf mengatakan, bahwa Alat Berat Excavator yang di turunkan pemerintah daerah kab luwu sudah tersentuh langsung ke titik lokasi. Utamanya diwilayah kami Kec. Bajo Desa Bonelemo yang tertutup material akibat longsor, dan Alhamdulillah sudah bisa dilalui kendaraan roda dua maupun roda empat. Tuturnya

Selanjutnya, Pj. Bupati Luwu Muh. Saleh bersama Kapolres Luwu AKBP Arisandi dan Komandan Distrik Militer (Dandim) 1403/Palopo, Letkol Armed Kabit Bintoro Priyambodo terus bergerak menyalurkan bantuan kemanusiaan dan berupaya melakukan evakuasi warga yang terdampak.

Ditambahkan, Pj. Bupati Luwu Muh. Saleh menetapkan waktu tanggap darurat bencana selama 30 (tiga puluh) hari, terhitung mulai dari tanggal 03 Mei sampai dengan 1 Juni 2024.

Lalu mengistruksikan semua Kepada Aparat dan Personil sekiranya selalu siap siaga dalam membantu penanganan bencana di lokasi atau daerah masing-masing, agar pelaksanaan penyelesaian dampak bencana dapat terantisipasi secara cepat dan akurat.

Diketahui bencana Tanah Longsor terjadi di beberapa wilayah lokasi diantaranya. Kec. Latimojong, Kec. Suli Barat, Kec. Bupon, Kecamatan Suli, Kec. Suli Barat, Kec. Ponrang Selatan, Kec. Larompong, Kec. Bajo, Kec. Bajo Barat, Kec. Ponrang, Kec. Ponrang Selatan, Kec. Kamanre, Kec. Belopa, Kec. Belopa Utara, Kec. Larompong Selatan, dan Kec. Bupon.

Dapat kami Informasikan, Jika terjadi hal-hal yang dibutuhkan terkait tanggap darurat. Disilahkan menghubungi Call Center BPBD Kabupaten Luwu dengan Nomor: 0812 4204 0888. (Lap. Team)